PPDB untuk Jenjang SMA/SMK Jawa Barat

Mungkin anda sudah familiar dengan PPDB Jawa Barat atau penerimaan mahasiswa baru dimana banyak mahasiswa yang harus mempersiapkan diri menghadapi PPDB di akhir semester semester. Pada saat menerima mahasiswa baru, tentunya harus penuh pertimbangan.

Banyak mahasiswa yang merasa dilema memilih sekolah mana atau masuk kampus, masalahnya bukan hanya kampus mana tetapi juga jurusan apa yang harus dipilih. Selain itu, memilih sekolah akan mempengaruhi rencana jangka panjang siswa, terutama bagi mereka yang melanjutkan ke sekolah menengah atau sekolah kejuruan.

Kebanyakan orang sangat ingin masuk ke sekolah favorit, baik itu SMA negeri maupun swasta, bahkan banyak yang antre dan rela menjadi cadangan. Bahkan beberapa orang tua rela mengeluarkan biaya ekstra dan hal-hal yang termasuk menyontek untuk masuk ke sekolah unggulan.

Sementara itu , PPDB Jawa Barat masih menggunakan sistem yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu sistem zonasi. Mulai dari siswa SMP menuju SMA atau SMK, siswa SD hingga SMP dan lainnya masih menggunakan sistem zonasi yang saat ini diterapkan secara online.

Penerimaan Siswa Baru 2020/2021 di Jawa Barat

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sendiri memang telah melenceng dari pelaksanaan PPDB untuk SMA atau SMK pada tahun ajaran 2020-2021. Pendaftarannya sendiri akan dimulai dalam dua tahap, jadi bagi kalian yang akan mendaftar SMA atau SMK bisa mendaftar tahap 1 pada 8-12 Juni.

Sedangkan tahap kedua tanggal 25 Juni s/d 1 Juli 2020 tidak perlu ke sekolah yang bersangkutan, karena anda hanya perlu akses PPDB Jabar melalui http://ready-ppdb.com/jabar , maka anda sudah memiliki lihat portal penerimaan mahasiswa baru Provinsi Jawa Barat.

Setelah mengakses halaman situs yang tercantum di atas, Anda akan diarahkan ke halaman beranda. Pada halaman beranda website atau portal PPDB, Anda dapat melihat informasi penerimaan mahasiswa baru pada tahun atau periode yang bersangkutan yaitu 2020-2021 yang menawarkan beberapa jalur seleksi alternatif.

Untuk mendapatkan informasi terbaru, yang terbaik adalah mengakses halaman situs secara teratur. Jangan sampai Anda ketinggalan informasi penting terkait pendaftaran atau kelengkapan dokumen PPDB Jabar untuk mendaftar di sekolah tujuan. Apalagi jika sekolah tersebut memang sekolah favorit Anda sejak lama.

Apalagi sekarang semua informasi bisa diakses dengan mudah, Anda hanya perlu mengandalkan smartphone dan jaringan internet. Anda tidak harus pergi ke sekolah yang ingin Anda daftarkan, Anda bahkan bisa mendapatkan informasi melalui metode online, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, disarankan untuk mendaftar dari rumah.

Cara Daftar di Portal PPDB

Penerimaan mahasiswa baru biasanya dilakukan secara online bahkan sudah disediakan website untuk setiap daerah termasuk Jawa Barat. Anda bisa mengakses portal penerimaan mahasiswa baru dengan jadwal seperti yang sudah dibahas di atas yaitu ada 2 tahapan dengan cara sebagai berikut:

  1. Akses PPDB Jawa Barat disediakan oleh pemerintah.
  2. Anda bisa mengakses menggunakan browser di smartphone, namun lebih detailnya Anda bisa menggunakan perangkat komputer
  3. Pertama Anda diminta untuk membuat akun di portal PPDB.
  4. anda telah membuat akun, langsung login kemudian anda masuk ke halaman utama, pilih kabupaten atau kota tempat anda tinggal atau dimana anda perlu mendaftar
  5. Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA)
  6. Setelahtelah memilih, sekarang saatnya untuk memilih jalur pendaftaran.
  7. Secara umum, ada tiga jalur paling umum yang dapat Anda pilih di portal PPDB, yaitu jalur kinerja, jalur transfer orang tua atau wali dan jalur zonasi
  8. Pilih jalur yang Anda inginkan lalu daftar online dengan memasukkan dokumen yang diperlukan.
  9. sekolah akan memverifikasi pendaftaran atau menyerahkan faktur untuk file yang
  10. diserahkan. Setelah itu, Anda tinggal memantau hasil seleksi online

Nanti

. online di portal PPDB Jawa Barat-. Yang pertama adalah jalur prestasi, jalur ini diperuntukan bagi calon siswa atau siswa yang prestasinya berada di luar zonasi sekolah sehingga prestasinya dapat dijadikan sebagai kriteria seleksi.

Prestasi tersebut dapat memberikan nilai tambah, namun jalur pencapaian jumlah siswa yang diterima hanya sekitar 5% dari total daya tampung sekolah. Ada juga jalur zonasi dan jalur ini paling umum karena mengutamakan jarak dari tempat tinggal terdekat ke sekolah.

Jumlah siswa yang akan diterima melalui jalur zonasi sekitar 90% dari total daya tampung sekolah. Konsep zonasi tergantung pada kewenangan masing-masing pemerintah daerah, sedangkan jalur transfer orang tua-wali diperuntukkan bagi siswa yang berdomisili di luar zonasi sekolah.

Sama halnya dengan jalur prestasi dimana jalur transfer dari orang tua atau wali hanya 5% dari total daya tampung sekolah. Memang pemerintah saat ini memprioritaskan jalur zonasi, namun untuk jalur co-zoning juga akan tetap bersaing menggunakan raport.

Bagaimana jika saya kesulitan mendaftar di portal PPDB?

Bagi Anda yang mengalami kendala atau membutuhkan informasi lebih detail mengenai PPDB Jawa Barat, jangan khawatir karena pendaftaran online harus dibantu oleh guru atau wali kelas dari sekolah asal. Jadi Anda bisa meminta bantuan wali kelas dari sekolah sebelumnya untuk mendaftar ke jenjang pendidikan berikutnya.

Namun jika Anda masih mengalami kendala atau memiliki informasi lebih lanjut yang ingin ditanyakan, Anda dapat menghubungi Call Center PPDB yang buka pada hari Senin s/d Jumat pada jam kerja yaitu pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Anda bisa melakukan panggilan ke nomor yang tertera yaitu 500250 atau mengirim email.

Untuk mengirimkan email keluhan atau masalah yang Anda hadapi, Anda dapat mengirimkan pesan ke marketing@ready-online.com. Trunk kamu juga bisa PPDB Jawa Barat online melalui layanan SMS untuk pelanggan XL karena informasi terbaru sangat penting terutama setelah Anda melakukan registrasi.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat melakukan pendaftaran online yaitu selalu update informasi terbaru tentang PPDB di sekolah tujuan agar tidak ketinggalan informasi penting. Karena setiap sekolah memiliki persyaratan kelengkapan dokumen yang berbeda dan sistem zonasi yang berbeda.

Cek juga kelengkapan dokumen dan persyaratan yang dipersyaratkan, tentunya sebaiknya berkonsultasi dengan orang tua dan juga guru atau wali kelas saat memilih sekolah ke jenjang selanjutnya. Sebelum Anda bergabung dengan PPDB Jawa Barat, ada baiknya Anda memilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan dan persyaratan yang berlaku.