Kode Provinsi Jawa Barat dan Apa Saja Ketentuannya

Jawa Barat merupakan satu-satunya provinsi yang pertama kali berdiri sejak zaman penjajahan Belanda, dengan kode provinsi Jawa Barat 32. Namun berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 1950, provinsi ini telah berdiri sejak tanggal 4 Juli 1950. seperti yang telah diakui oleh pemerintah Indonesia. Pusat pemerintahan sendiri ada di Bandung.

Provinsi ini memiliki luas wilayah berkisar 35.377,76 kilometer persegi, bahkan hampir 2% dari luas daratan Indonesia. Selain itu, provinsi ini juga dikenal sebagai daerah terluas kedua khusus untuk pulau Jawa, dimana Jawa Timur menduduki peringkat pertama dengan luas wilayah terluas. Populasinya lebih dari 50 juta orang.

Jawa Barat menjadi daerah terpadat

Perlu Anda ketahui bahwa provinsi Jawa Barat menjadi salah satu daerah terpadat di Indonesia dengan kode provinsi Jawa Barat . Dimana tingkat penduduknya sudah mencapai 50 juta jiwa, lebih banyak dari jumlah penduduk di tanah air. Laju pertumbuhan penduduk di Jawa Barat dari tahun 2019 hingga saat ini memang semakin meningkat.

Hal ini disebabkan banyaknya penduduk lokal yang bermigrasi ke daerah ini. Alasan meningkatnya perpindahan penduduk ke Jawa Barat bermacam-macam, mulai dari kepentingan pekerjaan hingga kondisi lingkungan. Sedangkan wilayah dengan jumlah penduduk paling sedikit, yaitu Kota Banjar, berpenduduk kurang lebih 185 ribu jiwa.

Hampir 80% penduduk Jawa Barat memilih tinggal di perkotaan karena faktor industri. Sedangkan untuk daerah lain seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan sebagainya, setidaknya menyumbang 39 persen dari total penduduk Jabar sendiri.

Perlu dicatat bahwa sebagian besar penduduk Jawa Barat adalah orang Sunda. Dimana suku ini dikenal sebagai penduduk asli tanah jawa di bagian barat ini. Sedangkan orang Jawa banyak terdapat di wilayah utara Jawa Barat, mayoritas orang Betawi berdomisili di Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, ada juga suku Batak dan Minang yang juga banyak dijumpai di Jawa Barat, terutama di perkotaan, seperti Bogor, Depok, dan Bandung. Sedangkan penduduk Tionghoa juga sering dijumpai hampir di seluruh wilayah Jawa Barat, namun sebagian besar tersebar.

di Indonesia

Sebagai contoh, sebelum kita membahas lebih jauh tentang kode wilayah provinsi Jawa Barat, kode wilayah 32.73.02.1005 adalah kode wilayah Desa Sekeloa.

Adapun kode tersebut menunjukkan informasi dari kode daerah pemerintah daerah yang meliputi dari kecamatan, kota, hingga provinsi, antara lain:

  1. Kecamatan Coblon (kode wilayah 32.73.02)
  2. Kota Bandung (kode wilayah 32.73)
  3. Barat -Kode Provinsi Jawa (kode area 32)

Sedangkan contoh lain seperti kode area 36.71.07 adalah kode kelurahan Karawaci yang membawahi pemerintah daerah yaitu:

  1. Kota Tangerang (kode area 36.71)
  2. Provinsi Banten ( kode wilayah 36)

Selain itu ada juga kode wilayah 33.74 yaitu Kota Semarang, dengan pemerintahan daerah di bawah payungnya yaitu :

  1. Provinsi Jawa Tengah (kode wilayah 33)

Perlu diketahui bahwa PemerintahIndonesia telah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperbarui kode area setiap satu sampai lima tahun sekali. Caranya dengan menerbitkan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) dengan kode dan data daerah baru.

Apalagi, ketika ada pemekaran wilayah atau bahkan sejumlah besar desa dialihfungsikan menjadi kecamatan. Hingga saat ini, kode Permendagri terakhir Provinsi Jawa Barat yang dirilis adalah Permendagri RI No. 137 Tahun 2017. Dimana telah ditetapkan di Jakarta sejak 27 Desember 2017.

Sejak berlakunya Permendagri, Permendagri sebelumnya akan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi. Hal ini tertuang dalam Pasal 13 Permendagri No. 137 Tahun 2017. Berdasarkan informasi dalam Permendagri terbaru, Indonesia saat ini memiliki:

  1. 34 provinsi
  2. 514 kota/kabupaten (98 kota + 416 kabupaten)
  3. 201 kecamatan/kabupaten
  4. 436 kota/kelurahan (8.479 kelurahan + 74.957 kelurahan
  5. kode wilayah) kabupaten.

Kode Provinsi di Jawa Barat

Anda pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Jawa Barat bukan? Ya, ini adalah salah satu provinsi di Indonesia yang banyak dikunjungi penduduk setempat karena keindahannya dan sejuknya lingkungan tempat tinggal mereka.

Seperti yang kita ketahui, provinsi dengan ibu kota Bandung ini memang dikenal sebagai daerah yang sejuk dan sejuk. Selain itu, Bandung sendiri sering disebut sebagai Kota Kembang.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Bandung pada zaman dahulu dianggap sangat indah dengan banyak pepohonan dan bunga yang bermekaran. Tak hanya itu, dulu Bandung juga disebut Paris of Java karena keindahannya. Perlu Anda ketahui jika kode untuk provinsi Jawa Barat adalah 32.

Kode wilayah dimaksudkan untuk menentukan karakteristik provinsi. Kode area ini memungkinkan Anda untuk melakukan telekomunikasi dengan lebih mudah berdasarkan pengamatan layanan transportasi di Indonesia.

Kode wilayah ini sendiri merupakan rangkaian angka dan titik yang menampilkan kode wilayah dan data administrasi pemerintahan Indonesia untuk setiap daerah, baik itu dari tingkat kota/kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, meskipun provinsi juga dikenal sebagai provinsi. kode di Jawa Barat – Jawa.

Fungsi dari kode ini adalah untuk mempercepat dan mempermudah proses pengelolaan wilayah administrasi pemerintahan di Indonesia. Selain itu, perlu diketahui bahwa kode ini juga dapat menunjukkan tingkatan dan kode wilayah pemerintah daerah yang dicakupnya, seperti kode provinsi Jawa Barat yaitu 32.

Ketentuan Kode Wilayah Provinsi yang harus diketahui

Berikut ini adalah pembahasan ketentuan dalam kode wilayah provinsi dan kota/kabupaten, antara lain:

  1. Kode Wilayah Provinsi

Di bawah ini adalah ketentuan yang harus diperhatikan dalam menentukan kode wilayah provinsi.

  1. Dua digit pertama adalah kode wilayah provinsi.
  2. Kode provinsi biasanya diatur menurut letak geografis pulau Indonesia, yang biasanya dimulai dari barat hingga timur.
  3. Digit pertama untuk provinsi yang terletak di:
    1. Pulau Sumatera: ditandai dengan 1 atau 2
    2. Pulau Jawa: ditandai dengan 3 atau 4
    3. Bali dan Nusa Tenggara: ditandai dengan 5
    4. Pulau Kalimantan: ditandai dengan 6
    5. Pulau Sulawesi: bertanda ‘n angka 7
    6. Pulau Maluku : bertanda angka 8
    7. Pulau Papua : bertanda angka 9

Digit kedua kode provinsi biasanya diatur menurut urutan pembentukan provinsi. Seperti kita ketahui, kode wilayah provinsi Jawa Barat 32.

  1. Kode Wilayah Kota dan Kabupaten

Selanjutnya di bawah ini terdapat beberapa ketentuan tentang kode wilayah kota/kabupaten.

  1. Kode kota/kabupaten biasanya terdiri dari 4 digit, dimana angka tersebut terdiri dari kode wilayah provinsi yaitu 2 digit, karakter yang digunakan sebagai pemisah adalah titik, dan kode kota/kabupaten sebanyak 2 digit.
  2. Dua digit setelah titik pertama adalah kode untuk kota atau negara.
  3. Sedangkan angka pertama untuk kode kota adalah 7 sampai 9, sedangkan angka pertama untuk kode kabupaten adalah 0 sampai 6.
  4. Kode distrik biasanya dimulai dari angka 01, 02, 03 hingga 69 berdasarkan urutan pembentukan distrik.
  5. Kode kota biasanya dimulai dari angka 71, 72, 73 hingga 99 berdasarkan urutan pembentukan kota itu sendiri.

Misalnya, kode area seperti 33,22 adalah kode area untuk Kabupaten Semarang tepatnya di Provinsi Jawa Tengah (33). Sedangkan kode wilayah 33,74 menunjukkan kode wilayah Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah (33). Kode untuk provinsi Jawa Barat sendiri ditunjukkan dengan angka 32.