Rekomendasi wisata favorit Subang Jawa Barat

Pesona Kabupaten Subang, Jawa Barat memang dipungkiri indah. Kabupaten yang terletak di tanah Pasundan ini terkenal dengan kebun tehnya yang luas yang terlihat begitu indah di sepanjang garis pantai. Wajar jika banyak pengendara yang melintasi jalur tersebut merasa nyaman sehingga tidak merasa lelah karena puas melihat panorama alam.

Secara geografis, wilayah Subang terdiri dari tiga bagian yaitu selatan, tengah dan utara. Setiap daerah memiliki karakteristik tanah yang berbeda-beda. Bagian selatan didominasi oleh pegunungan atau dataran tinggi. Wilayah tengah didominasi oleh dataran. Sedangkan bagian utara merupakan dataran rendah atau pantai yang berhadapan langsung dengan Laut Jawa.

Dengan luas wilayah yang begitu beragam, juga mempengaruhi mata pencaharian penduduk sekitar terhadap potensi wisata. Menurut tanah tempat mereka tinggal, masyarakat Subang memiliki mata pencaharian dari petani, pekerja industri hingga nelayan. Seiring dengan perkembangan zaman, Subang, Jawa Barat juga memiliki destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi dan cukup lengkap.

Meski begitu, karena letak geografisnya yang alami, Subang tidak heran didominasi oleh wisata alam, sehingga sangat menawan dengan pengelolaan yang optimal. Sehingga peningkatan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara terus bertambah setiap tahunnya. Potensi ini terus dikembangkan agar Subang semakin dikenal masyarakat luas.

Rekomendasi wisata favorit Subang yang cocok untuk mengisi musim liburan

Berkunjung ke Kabupaten Subang tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi objek wisatanya. Karena kondisi alamnya yang masih alami, maka wajar jika Subang didominasi oleh banyak destinasi wisata, sehingga sangat menawan. Selain asri juga sangat nyaman ditambah dengan kesejukan suasana sekitar sehingga cocok untuk menjadi pengisi akhir pekan anda bersama keluarga.

Beberapa tempat wisata favorit di Subang Jawa Barat yang patut untuk dikunjungi, antara lain Pemandian Air Panas Ciater. Pemandian Air Panas Ciater merupakan tempat wisata paling fenomenal di Subang dan dikunjungi ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara setiap tahunnya. Pemandian air panas dari Gunung Tangkuban Perahu dilengkapi dengan area pemandian yang luas.

Selain Ciater ada juga kawah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung dengan kisah legendarisnya ini menyimpan sejuta keindahan alam yang tiada tandingannya. Gunung dengan ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut ini menawarkan berbagai fasilitas seperti exiting area, camping ground, hingga guest house. Butuh waktu sekitar 41 menit perjalanan dari pusat kota untuk mencapai daerah tersebut.

Capolaga Adventure Camp merupakan tempat wisata di Subang, Jawa Barat yang tak kalah menantang. Kawasan yang terletak di kota Cicadas Panarban ini menawarkan pesona Sungai Cimuja yang sebenarnya merupakan hasil perpaduan dari tiga air terjun. Di tempat itu juga terdapat goa-goa hingga area outbound yang hadir dengan sensasi petualangan seru.

Air terjun batu kapur yang megah membutuhkan waktu 30 menit dari kota tujuan wisata yang tidak kalah populer. Selain alamnya yang indah, banyak kepercayaan masyarakat setempat, di antaranya air dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Selain itu, air terjun megah batu kapur ini cocok sebagai destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga.

Perjalanan Kuliner Khas Subang yang Lezat Wajib

Dicoba Puas dengan kesejukan alamnya, tak jarang merasakan perut keroncongan. Tak perlu khawatir karena ada banyak kuliner khas Subang, Jawa Barat disertai dengan cita rasa yang lezat. Di antara mereka, nasi goreng nanas sangat populer. Subang begitu terkenal sebagai penghasil nanas dengan rasa yang sangat manis.

Selain dikonsumsi langsung, juga diolah menjadi berbagai produk kuliner, salah satunya nasi goreng. Perpaduan rasa manis, asin, dan segar sangat pas menggoyang lidah. Ditambah paduan bumbunya yang terasa begitu lengkap saat masuk ke mulut. Nasi gorengnya paling populer sehingga banyak wisatawan yang tidak ketinggalan untuk mencicipinya.

Jika Anda ingin mencicipi hidangan yang segar dan berkuah, Anda bisa mencoba sup ikan. Kuah dengan bahan dasar ikan air tawar yang dipadukan dengan bumbu yang melimpah sangat enak dinikmati selagi panas. Hampir semua restoran menawarkan menu yang satu ini. Dijamin bikin kamu ketagihan untuk selalu ingin mencobanya.

Tutut soding sepintas namanya memang aneh, tapi siapa sangka begitu nikmat saat dicicipi. Bagi sebagian orang, keong sawah mungkin membuat mereka jijik. Namun, masyarakat Subang, Jawa Barat justru menyukainya dan mengolahnya menjadi hidangan yang lezat. Dengan nasi panas, Tutut Soding bisa disantap bersama keluarga.

Bubuy hayam adalah hidangan yang harus dicoba saat Anda mengunjungi Subang. Bahan baku ayam kampung dimasak selama 7 jam dengan bumbu rempah. Wajar saja rasanya begitu kuat dengan daging yang lembut. Bubuy ham memang menjadi makanan favorit yang membuat Anda ingin terus memakannya.

Berkunjung ke Subang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang terjangkau. Liburan

ke Subang, Jawa Barat tidak lengkap tanpa berbelanja oleh-oleh. Setidaknya ada berbagai oleh-oleh khas Subang yang tentunya harganya relatif terjangkau. Diantaranya dodol yang notabene khas Sunda. Berbeda dengan daerah lain, dodol Subang terbuat dari nanas. Seperti diketahui, nanas merupakan komoditas buah yang melimpah di Subang.

Masih terbuat dari nanas, selain lonthead juga ada keripik. Nanas simadu biasanya dipilih sebagai bahan baku pembuatan keripik. Tidak seperti keripik pada umumnya, jajanan ini memiliki rasa yang enak, perpaduan manis dan asin. Cocok untuk menemani Anda bersantai. Ada juga cokelat nanas sebagai varian lain sebagai camilan.

Jajanan tradisional ketan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Subang, Jawa Barat. Jajanan berbahan singkong dan ketan ini biasanya dibungkus dengan daun pisang. Selain enak disantap langsung, tape ketan juga bisa dicampur menjadi minuman bersoda. Dijamin kamu akan ketagihan saat pertama kali memakannya.

Delipel merupakan salah satu oleh-oleh khas Subang yang sering diburu wisatawan. Delipel sebenarnya adalah singkatan dari “Delicious Pineappell”. Kue kering ini sangat enak dan lezat. Selain itu, bahan dasarnya adalah nanas pilihan melalui proses yang panjang. Dan delipel ini hanya akan Anda temukan di Subang, jadi harus dicicipi.

Ikan lapan yang krispi merupakan oleh-oleh khas Subang lainnya. Omong-omong, Subang terletak di pantai utara dan memiliki kekayaan alam berupa pantai, wajar jika ikan yang ditangkap sangat melimpah. Salah satu olahannya tentu saja delapan ikan crispy. Setidaknya ada empat varian rasa yaitu roast beef, cheese, balao dan original.

Tips Liburan Seru ke Kabupaten Subang

Padatnya aktivitas seringkali membuat pikiran merasa lelah. Oleh karena itu, di akhir pekan, tak ada salahnya mengisinya dengan liburan ke Subang, Jawa Barat. Namun, jika Anda seorang pemula, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan. Yang paling penting, tentu saja, ketahui kotanya terlebih dahulu dan dukung transportasinya.

Kemudian buatlah jadwal sederhana saat liburan ke Subang. Jangan lupa juga tentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi dan akomodasi di sekitar lokasi. Hal ini penting agar Anda langsung menuju lokasi tanpa kebingungan. Selain itu, juga menjadi pertimbangan dalam menentukan anggaran saat liburan.

Ketersediaan dana mutlak diperlukan. Agar dana liburan tidak membengkak, ada baiknya mengatur anggaran sesuai kebutuhan. Pastikan Anda tidak menggunakan anggaran selain dana liburan. Juga, jangan membawa terlalu banyak uang di dompet Anda. Kami menyarankan Anda menyimpannya dalam satu akun agar dana cadangan dapat dengan mudah diambil kapan saja.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah setelah liburan. Tak perlu khawatir karena hampir semua oleh-oleh khas Subang dijual dengan harga terjangkau. Berbekal informasi tersebut, merencanakan liburan ke Subang, Jawa Barat nantinya bisa menjadi pengalaman yang luar biasa.