Deretan Tempat Wisata Populer di Jawa Barat

Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai tempat wisata di Jawa Barat dengan berbagai lengkapnya Mulai dari wisata gunung, pantai, hutan, taman hingga tempat wisata, Anda bisa memilih semuanya sesuka Anda. Keragaman ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari letak geografis hingga sistem pengelolaan yang baik.

Secara geografis, provinsi yang beribukota Bandung ini terletak di sebelah barat pulau Jawa. Berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara, DKI Jakarta dan Banten di barat, serta Samudera Hindia di selatan. Topografi Provinsi Jawa Barat lebih dominan pada jalur pegunungan api, baik yang masih aktif maupun yang sudah mati.

Berbicara tentang tempat wisata di Jawa Barat , hampir semua kabupaten/kota memiliki ciri khas masing-masing dan cenderung sangat lengkap, terutama daerah Bandung. Hampir semua jenis destinasi ada untuk kulinernya. Wajar jika Jawa Barat juga dijuluki sebagai surga wisata dengan kunjungan yang tinggi setiap tahunnya.

Selain itu, ada juga wisata religi dan budaya yang juga tersedia lengkap. Kecenderungan masyarakat Jawa Barat yang notabene mayoritas masyarakat Sunda melestarikan budayanya, membuat suasana kearifan lokal begitu kental. Hal ini terlihat dari keseharian masyarakat hingga cara mementaskan segala prosesi adat yang menarik untuk ditelusuri.

Deretan Tempat Wisata Populer yang Dikunjungi Wisatawan

Kekayaan pariwisata Jawa Barat dengan segala potensinya memang tidak perlu diragukan lagi. Terbukti hampir semua destinasi wisata selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal bahkan mancanegara. Tempat wisatanya banyak sekali, ada beberapa tempat yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya sehingga tidak pernah sepi. Salah satunya adalah Pantai Pangandaran.

Siapa yang tidak tahu pantai yang terletak di bagian tenggara Jawa Barat ini memiliki pasir putih halus dengan air yang jernih. Pangandaran tidak pernah sepi pengunjung hingga dinobatkan sebagai pantai terbaik. Keindahannya begitu memesona apalagi pada saat matahari terbit atau terbenam.

Green canyon juga tak kalah indahnya. Green canyon atau sering disebut Cukang Taneuh berjarak 31 km dari pantai Pangandaran. Saat Anda berkunjung Anda akan disuguhi barisan pepohonan yang rindang dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Biasanya pengunjung menikmati pesonanya dengan menaiki perahu atau berenang di area tersebut.

Jika Anda menyukai tantangan, Anda harus mencoba arung jeram di Sungai Citarik. Terletak di Kabupaten Sukabumi, sungai ini menjadi tempat wisata Jawa Barat yang populer bagi Anda yang ingin menguji adrenalin. Kedalaman sungai tidak dalam, namun bebatuan di tepinya memberikan efek menantang. Cobalah arung jeram di tempat ini sesekali.

Selain pantai, Jawa Barat juga kaya akan air terjun, termasuk Cikaso yang terletak di dekat Ujung Genteng. Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter ini memiliki tiga air terjun. Selain airnya yang jernih dalam kondisi cerah, pelangi sering dijumpai di antara ketiga air terjun tersebut.

Mencoba masakan khas Jawa Barat membuat ketagihan

berkunjung ke tempat wisata di Jawa Barat terasa kurang jika belum mencoba masakan khas tersebut. Di antaranya, nasi jamblang daun jati yang populer di Cirebon. Nasi bungkus daun jati sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Terdiri dari nasi yang dipadukan dengan lauk pauk, dan sambal, rasanya begitu nikmat. Apalagi harganya sangat terjangkau.

Bosan dengan olahan nasi, tak ada salahnya mencoba mie kocok. Olahan ini begitu melegenda di Jawa Barat khususnya Bandung. Satu mangkuk berisi mie telur, tauge, sawi dan bawang bombay yang kemudian ditambahkan ke bakso dengan isian daging seiring waktu. Sekilas terlihat seperti mie ayam, namun rasa kuahnya sangat berbeda.

Karedok sudah pasti dikenal dengan nama makanannya. Bahan kuliner khas yang berbahan dasar sayuran disajikan lengkap dengan sambal kacang yang nikmat. Namun, mirip dengan gado-gado, sayuran karedok dibiarkan mentah agar tetap segar. Kuliner mudah ditemukan di hampir semua tempat wisata di Jawa Barat.

Jika perut Anda keroncongan, tak ada salahnya mencoba nasi lengko. Nasi dengan kombinasi sayur dan gorengan begitu nikmat disantap di siang hari. Saus kacangnya yang gurih membuat rasanya semakin lengkap. Hidangan ini juga tinggi protein karena mengandung tahu dan tempe.

Tauge goreng menjadi sajian kuliner selanjutnya yang tak kalah enak. Banyak orang mengira tauge diolah dengan cara dipanggang, padahal sebenarnya taoge itu direbus. Dinamakan gorengan karena tauge dimasak di penggorengan. Sebagai pelengkap, satu porsi tauge goreng ditambah dengan mi, ketupat, dan sedikit saus oncom.

Tips Liburan Backpacker di Jawa Barat

Liburan ala backpacker tidak hanya menantang tapi juga cocok untuk kamu yang terkendala finansial. Anda yang berencana untuk pergi berlibur ke beberapa wisata Jawa Barat bisa menerapkannya. Hanya saja Anda mengecek terlebih dahulu kemana tujuan liburan Anda. Ini termasuk transportasi yang akan digunakan selama liburan.

Selain itu, yang terpenting adalah menyiapkan anggaran yang diperlukan. Karena liburan akan ala backpacker walaupun budget terbatas, jumlahnya harus diatur sedemikian rupa agar tidak kurang. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan semua kebutuhan Anda, termasuk pilihan destinasi wisata. Bawalah seperlunya saja agar tidak terlalu merepotkan selama perjalanan.

Jika liburan dilakukan selama beberapa hari, sebaiknya pilih akomodasi dengan harga sewa yang murah. Tidak hanya murah tapi juga strategis dekat dengan beberapa destinasi wisata Anda. Alasannya tentu untuk menghemat biaya transportasi, karena budget yang Anda miliki sangat terbatas. Jadi itu harus benar-benar hanya disimpan untuk tujuan penting.

Tips selanjutnya adalah mencoba makan dari pedagang kaki lima. Makanan yang dijual di PKL biasanya selain enak, harganya juga relatif murah. Tidak perlu khawatir karena di sekitar tempat wisata di Jawa Barat terdapat pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya. Anda tinggal memilih makanan apa yang ingin Anda makan.

Rekomendasi oleh-oleh untuk keluarga Goedkoop dan Meriah Tevrede

Untuk berwisata dan menikmati liburan di Jawa Barat, penting untuk membeli oleh-oleh khusus sebagai barang bawaan. Keluarga Anda pasti akan merasa senang saat membelinya. Di antara oleh-oleh khas Jawa Barat yang sering diburu wisatawan adalah dodol garut. Dodol merupakan jajanan yang paling terkenal dan harganya murah.

Ada banyak rasa yang bisa dipilih, mulai dari nanas, coklat, durian dan lain-lain. Dodol sangat mudah ditemukan di seluruh Jawa Barat, terutama toko oleh-oleh. Selain rasanya yang manis dan legal, dodol merupakan jajanan khas pariwisata Jawa Barat sering dibeli wisatawan.

Selain lonkhead, ada juga chocodot. Chocodot adalah varian lain yang menggabungkan dodol dan cokelat. Jajanan yang sering disebut kepala coklat ini berukuran kecil dengan bentuk bulat seperti bakpao. Hampir semua varian rasa tersedia mulai dari dark chocolate, milk dan lain-lain. Soal harga, tentunya sangat ramah di kantong.

Jika Anda kebetulan berada di Lembang, Anda harus membeli tahu susu. Secara tampilan mirip dengan tahu pada umumnya, namun dari segi tekstur sangat berbeda. Saat dimakan, teksturnya terasa lembut di mulut karena ditambahkan susu saat produksi. Karena rasanya yang tidak biasa, wajar jika susu Lembang selalu menjadi favorit.

Untuk jajanan kering wajib beli keripik oncom dan tempe. Keripik oncom pada dasarnya terbuat dari kacang tanah yang difermentasi kemudian dikeringkan dan diiris. Rasa juga bisa dipilih sesuai selera. Selain itu masih banyak oleh-oleh lainnya yang membuat liburan ke tempat wisata Jawa Barat semakin seru.